ARTJOG MMXXIII, Motif: Lamaran

0
229
(bpmfpijar.com/Raehan)

“Motif: Lamaran”, tema yang menggarisbawahi atmosfir ARTJOG MMXXIII. Tak seperti tema tahun lalu, melalui tema tahun ini Heri Pemad memaknainya sebagai metode. Motif: Lamaran, menurutnya adalah cara atau langkah kurator untuk berdialog dengan para seniman. Dialog dan diskusi tersebut yang akhirnya juga dapat menjangkau Goenawan Mohamad dan Mella Jaarsma

Outskirt, begitu Mella menamai instalasinya yang melibatkan manusia sebagai modelnya. Instalasi Mella yang tergelar dalam tiga ruangan itu, menurut penuturannya, merupakan perjalanan Mella dalam memahami lingkungan sekitar. Berbeda dengan instalasi Goenawan Mohamad, karyanya terletak dalam sebuah ruangan gelap dan hitam. Ia membawa kisah ringan mengenai cerita-cerita hantu dan terkesan menggelitik.

Selain cerita yang dibawa Mella dan Goenawan, masih terdapat banyak cerita lain yang tersimpan dalam tiap instalasi ARTJOG MMXXIII. Instalasi yang menurut Heri, merupakan hasil pelibatan 73 seniman berbakat. “Luar biasa, saya sangat mengapresiasi totalitas dan loyalitasnya para seniman terhadap ARTJOG. Mengingat seniman yang terlibat di ARTJOG kali ini 75% belum pernah mengikuti ARTJOG sebelumnya,” ujar Heri.

Fotografer: Raehan Mahardika, Intan Nisa

LEAVE A REPLY